PENGELOMPOKAN ZAT MAKANAN

January 25, 2010

Zat makanan

Setelah dikonsumsi  didalam alat pencernaan bahan makanan diurai menjadi berbagai zat makanan atau zat gizi (nutrient). Zat makanan inilah yang diserap melalui dinding usus dan masuk kedalam cairan tubuh

Zat makanan menurut fungsi dari zat gizinya dapat digolongkan menjadi zat gizi penghasil energi, zat gizi pembangun sel, dan zat izisebagai pengatur.

  1. Zat gizi penghasil energi, yaitu karbohidrat dan lemak. Zat gizi penghasil energi ini sebagian besar dihasilkan oleh bahan makanan pokok

Disini zatutama yang menghasilkan energi itu adalah karbohidrat khususnya zat tepug (amylum). Maka pada bahan makanan pokok serelia, energi yang dihasilkan berasal dari karbohidrat maupun protein.

Energi dalam jumlah besar terutama diperlukan untuk kerja otot skelet yang melakukan kerja otot luar. Kita lihat bahwa para pekerja kasar memerlkan bahan makanan pokok ini dalam jumlah besar untuk saggup melakukan pekerjaan-pekerjaan berat.

Zat-zat makanan seperti karboidrat dan lemak memiliki fungsi sebagai berikut:

1.  Karbohidrat, terdiri dari unsurC, H,dan O. Berdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

2.Lemak, merupakan senyawa organik yang majemuk, terdiri dari unsur-unsur C,H, dan O yang membentuk senyawa asam lemak dan gliserol (gliserin), apabila bergabung dengan zat lain akan membentuk lipoid—- fosfatid dan sterol.

Lemak berfungsi sebagai:

  1. Penghasil kalori terbesar yang dalam hal ini tiap gram lemak menghasilkan sekitar 9,3 kalori.
  2. Sebagai pelarut vitamin tertentu seperti A,D,EdanK.
  3. Sebagai pelindung alat-alat tubuh dan sebagai pelindung tubuh dari temperature rendah.

Pada kondisi kekurangan gizi, fungsi sebagai penghasil energi yang mula-mula dikorbankan. Badan akan berusaha menyesuaikan diri dengan mengurangi pemakaian energi, sebagian secara sadar, dan sebagian lagi secara tidak sadar. Maka orang dengan  sadar akan mengurangi gerakan atau kerja yang tidak perlu,kemudian secara tidak sadar orang itu akan menjadi kurang giat. Orang demikian tampak seperti orang yang malas, tidak mau bekerja karena merasa cepat lelah dan tak sanggup melakukan energi.

  1. Zat pembangun sel, terutama diduduki oleh protein sehingga bahan pangan lauk pauk tergolong dalam bahan makanan sumber zat pembangun. Terutama Pada serelia sebagai bahan makanan pokok, jumlah protein yang dikonsumsinya mencapai kuantu yang cukup signifikan, karena bahan makanan pokok biasanya dikonsumsi dalam dalam jumlah cukup besar. Kita ketahui  bahwa protein juga energi yang sama dengan karbohidrat setiap gramnya.

Bahan makanan penhasil zat gizi adalah sumber protein. Protein structural di perlukan dalam membangun struktur sel, sedangkan protein metabolik diperlukan terutama dalam proses metabolik. Anak-anak yang sedang tumbuh dan ibu hamil serta menyusui memerlukan protein ini daalam jumlah relatife besar. Karena itu kebutuhan kelompok rentan gizi akan bahan makanan penghasil zat gizi pembangun juga meningkat. Bahan makanan jenis ini adalah daging dan organ dalam ikan, telur dan susu yang semuanyamerupakan bahan makanan hewani. Bahan makanan penghasil zat gizi pembangun dapat pula bersifat nabati, ialah kacang-kacangan pada umumnya.meskipun protein hewani pada umumnya mempunyai nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati.

Protein, terdiri dari unsur C, H, O, dan N, dan kadang-kadang S, dan P, diperoleh melalui tumbuhan-tumbuhan (protein nabati) dan melalui hewan (protein hewani) berfungsi sebagai

a. Mambangun sel-sel yang rusak

b. Membentuk zat-zat pengatur seperti enzim dan hormon

c. Membentuk zat anti energi dalam hal ini tiap gram protein      menghasilkan sekitar 4,1 kalori.

Perlu diperhatikan bahwa apabila tubuh menderita kekurangan protein maka  serangan penyakit busug lapar (hongeroedeem) akan selalu terjadi.

  1. Bahan makanan penghasil zat gizi pengatur ialah sayur dan buah teruama buah cuci mulut. Zat gizi pengatur ini menjalakan dan mengatur proses-proses metabolisme tubuh. Bila zat-zat pengatur ini kekurangan akan timbul berbagai penyakit.

Zat gizi pengatur, yang termasuk kedalam zat gizi pengatur adalah vitamin dan mineral. Maka bahan pangan sumber mineral dan vitamin adalah sayur dan buah yangtermasuk golongan bahan makanan sumber zat-zat gizi pengatur.

  1. Vitamin dapat dikelompokan menjadi vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan C, dan vitamin yang larut dalam lemak/minyak adalah vitamin A,D,E,dan K.
    1. Vitamin B1 berfungsi:

v  Metabolisme karbohidrat

v  Mempengaruhi keseimbangan air di dalam tubuh

v  Mempengaruhi penyerapan zat lemak dalam usus

  1. Vitamin B2 berfungsi:

v  Dalam pemindahan rangsang sinar ke saraf mata

v  Enzim dalam proses oksidasi di dalam sel-sel

  1. Vitamin B6 besfungsi:

v  Pembuatan sel-sel darah

v  Pertumbuhan dan pekerjaan urat-urat saraf

  1. Vitamin B11 berfungsi :

v  Zat bagi pertumbuhan sel darah merah

v  Mencegah antipernisiosa, anemia yang akut

  1. Vitamin C berfungsi:

v  Sebagai zat yang penting dalam oksidasi dan dehidrasi dalam sel

v  Mempengaruhi kerja anak ginjal

v  Zat yang penting dalam pembentukan trombosit

  1. Vitamin A berfungsi:

v  Pertumbuhan sel-sel epitel

v  Proses oksidasi dalam tubuh

v  Pengatur kepekaan rangsang sinar pada saraf mata

  1. Vitamin D berfungsi :

v  Mempengaruhi proses osifikasi

v  Mempengaruhi kerja kelenjar endoktrin

  1. Vitamin E berfungsi:

v  Mencegah pendarahan bagi wanita hamil

v  Diperlukan pada saat sel sedang membelah

  1. Vitamin K berfungsi sebagai zat yang penting dalm pembentukan protrombin,dengan demikian penting dalam proses pembekuan darah.
  2. Garam mineral, diperlukan untuk tubuh (baik sendiri-sendiri, maupun secara gologan antar unsur), antara lain:
    1. Zat kapur atau Ca
    2. Zat fosfor atau P
    3. Zat besi atau Fe
    4. Zat fluor atau F
    5. Natrium atau Na
    6. Chlor atau Cl
    7. Kalium atau K
    8. Iodium atau I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: